Pengertian dan Fungsi mikropon - Gudang Ilmu

Monday, February 1, 2016

Pengertian dan Fungsi mikropon

Ditulis Oleh: Magister Pengelana
@Magister Pengelana



Mikrofon adalah salah satu alat pelengkap dalam dunia audio amplifier. Fungsi daripada mikrofon kebalikan dengan fungsi speaker. Jika fungsi speaker mengubah energy listrik menjadi getaran suara maka mikrofon berfungsi untuk mengubah getaran suara menjadi getaran listrik. Mikrofon yang baik dapat bekerja diantara frekuensi 200 Hz – 3500 Hz.

Macam-macam mikrofon:
1. Mikropon karbon
2. Mikropon piezo elektrik
3. Mikropon dinamik
4. Mikropon elektrolit
5. Mikropon kondensor

Mikropon karbon adalah mikropon yang terbuat dari karbon, mikropon ini membutuhkan baterrai guna membangkitkan arus listrik. Mikropon pieze terdiri dari sebuah diagram yang menempel pada sebuah keeping terbuat dari keramik. Mikropon dinamik terdiri atas kumparan suara yang bergerak dalam medan magnet. Mikropon elektrolit adalah sebuah isolator yang dapat menyimpan muatan listrik 
sementara asas kerja mikropon ini menyerupai kondensator, mikrpon ini membutuhkan baterai. Mikropon kondensor adalah mikropon yang memiliki ukuran sangat kecil, hampir seukuran jari kelingking. Tapi mic ini mempunyai sensitivitas yang sangat tinggi terhadap sinyal suara yang masuk.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda