Pengertian, Fungsi serta Macam-Macam Jenis Trafo - Gudang Ilmu

Saturday, January 30, 2016

Pengertian, Fungsi serta Macam-Macam Jenis Trafo


5. Transformator
Ditulis Oleh: Magister Pengelana
@Magister Pengelana

simbol trafo

Transformator atau yang sering disebut dengan “trafo” adalah termasuk komponen pasif yang digunakan untuk memindahkan tegangan listrik AC dari suatu gulungan kawat ke gulungan kawat yang lain melalui inti besi dengan tegangan tertentu.

Trafo terdiri dari gulungan kawat primer (kumparan yang menerima input) dan gulungan kawat skunder (kumparan yang menghasilkan output). Bila inti trafo terbuat dari besi berlapis maka digunakan untuk tegangan rendah tapi bila terbuat dari inti ferit maka trafo digunakan untuk tegangan tinggi.
Berdasarkan fungsinya trafo dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Trafo daya (step up dan step down)
2. Trafo frekuensi (MF dan IF)
3. Trafo audio (trafo output/OT dan trafo input/IT)
Mari kita bahas satu persatu:

1. Trafo daya 
Trafo daya adalah trafo yang digunakan untuk menurunkan dan menaikkan tegangan. trafo yang berfungsi untuk menaikkan tegangan disebut dengan trafo stepup, sedangkan yang berfungsi untuk menurunkan tegangan disebut trafo stepdown. Trafo daya yang ada dipasaran ada 2 jenis, yaitu trafo CT (center tap) dan trafo 0 (engkel). Trafo CT bisa disebut juga trafo simetris karena memiliki tegangan negatif GND positif (- 0 +). Sedangkan trafo engkel hanya terdiri dari positif dan negatif saja.
simbol trafo CT
simbol trafo CT


Simbol Trafo 0 (engkel)
simbol trafo



a. Trafo Step-Up
Trafo yang digunakan untuk menaikkan tegangan AC, contoh dari 12 volt menjadi 220 volt. Pada trafo ini kawat pada gulungan skunder lebih banyak daripada kawat pada gulungan primer.

b. Trafo Step-Down
Trafo yang digunakan untuk menurunkan tegangan AC, misalnya dari 220 volt menjadi 6v, 12v, 15v, 25v, dst. Pada trafo ini kawat pada gulungan primer lebih banyak daripada kawat pada gulungan skender.


2. Trafo frekuensi
Adalah trafo yang digunakan pada rangkaian radio bagian MF (Midle Frekuensi atau IF= Intermediate Frekuensi). Trafo IF terdiri dari sebuah gulungan kawat dan kapasitor yang hanya dapat menginduksikan frekuensi menengah saja. 

simbol trafo IF

simbol trafo IF



3. Trafo audio
a. Trafo Input (IT)
Adalah trafo yang berfungsi untuk push pull balance sebagai pembalik phasa. Tugasnya menyalurkan tegangan listrik suara dari bagian penguat potensial suara dalam fasa yang bertentangan ke bagian penguat akhir. Tipe yang umum digunakan adalah IT 191, IT 246, dll.
simbol trafo input (IT)
simbol trafo IT


    
b. Trafo Output (OT)
Adalah trafo yang berfungsi untuk penyesuai impedansi yang dibutuhan oleh loudspeaker. Pada dasarnya semua penguat akhir mengeluarkan impedansi yang besar, maka untuk mendapatkan impedansi yang sesuai dengan impedansi loudspeaker maka diperlukan trafo OT. Yang dimaksud dengan impedansi adalah berlawanan yang timbul pada sebuah gulungan yang dialiri arus bolak-balik. Misalnya impedansi pada loudspeaker 8 ohm dihubungkan dengan penguat akhir yang memiliki impedansi 5000 ohm, maka jika loudspeaker langsung dihubungkan bisa mengakibatkan loudspeaker rusak/terbakar. 
Tipe yang umum digunakan dalam rangkaian elektronika adalah, OT 240, OT 426, dll.
simbol trafo output (OT)
simbol trafo OT



Untuk simbol-simbol trafo sobat bisa lihat disini simbol-simbol trafo

Incoming Search Term:

Simbol trafo ct
Simbol-simbol trafo
Fungsi Trafo
Macam-Macam Jenis Trafo
Pengertian Trafo


Bagi yang ingin mendownload silahkan klik ling download dibawah ini
TAPI SEBELUM DOWNLOAD, MONGGO DI SHARE DULU YA...!!!! MATUR SUWUN



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda